V2 Indonesia

Eksplorasi Teknologi Virtual Real-Time (V2 Indonesia) di Produksi Konten

Teknologi In-Camera Visual Effects (ICVFX) yang menggunakan stage xR skala besar dan layar LED untuk berbagai live event atau hiburan, belakangan ini semakin banyak diminta oleh developer untuk menghasilkan event virtual real-time dengan V2 Indonesia.

Informasi ini disampaikan dalam webinar oleh produsen perangkat lunak game Epic Games with Disguise.

Teknologi ini hanya mengandalkan perangkat lunak waktu nyata yang memungkinkan pembuat konten menjadi lebih kreatif dan kolaboratif lebih efisien tanpa menghabiskan waktu rendering yang lama dan alur kerja yang tertutup.

Secara tradisional, sebuah produksi di industri media dan hiburan membutuhkan waktu yang lama dan melalui proses yang rumit dengan pasca produksi yang lama di lapangan.

Perangkat lunak waktu nyata dapat menghemat banyak waktu, biaya, dan sumber daya bagi pengembang industri.

Oleh karena itu, kemungkinan besar industri media kreatif dan hiburan tidak akan kembali ke cara kerja tradisional, karena perangkat lunak waktu nyata mampu menawarkan visualisasi lintas generasi yang terlihat seperti aslinya atau meniru lingkungan yang sangat realistis.

Untuk Asia Tenggara sendiri, menarik bahwa Indonesia sudah mulai terlibat dalam penggunaan software real-time dalam produksi virtual.

Salah satunya adalah V2 Indonesia, yang mulai menggunakan produksi virtual real-time untuk membuka jalan baru dalam memproduksi siaran langsung, acara virtual, video musik, dan lainnya.

IMxR adalah studio produksi virtual real-time pertama di Indonesia.

V2 Indonesia sejak Oktober 2021 oleh studio khusus audiovisual (AV) menghadirkan terobosan dengan merambah teknologi xR untuk mendukung acara hybrid imersif di masa depan.

Kemudian V2 meluncurkan proyek xR pertamanya dengan Gereja Bethel Indonesia (GBI PRJ) di Jakarta. Di sana, V2 membangun studio xR LED berukuran 17m x 5m yang didukung oleh fasia perangkat lunak yang memungkinkan gereja untuk menampung hingga 1.000 jemaat per sesi ibadah.

V2 juga telah bermitra dengan salah satu youtuber terbesar di Indonesia untuk membangun studio podcast yang dilengkapi dengan teknologi xR. Selain V2 Indonesia, ada juga dua kreator atau studio asal Singapura, yakni AUX Media dan 3Particle dari Malaysia.

Penggunaan teknologi virtual real-time yang semakin populer dalam produksi media dan hiburan tampaknya didorong oleh situasi pandemi, yang memaksa setiap orang untuk menikmati beragam konten dan hiburan dari kenyamanan rumah mereka sendiri.

Webinar Game Epik 3

Dean Reinhard, Evangelist and Technical Account Manager untuk Asia Tenggara di Epic Games, mengatakan produksi virtual adalah masa depan sektor media dan hiburan, baik untuk produksi film dan televisi, periklanan, siaran, atau acara langsung.

“Ini dengan cepat membentuk cara kami berkreasi dan kecepatan serta skala bagi pengembang untuk mengimplementasikan ide-ide mereka. dan ASEAN berada dalam posisi yang baik untuk memenuhi permintaan itu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.